Pengikut

Senin, 04 Maret 2013

Pengertian Jurnal



Jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri berisi bahan yang sangat diminati orang saat diterbitkan . Bila dikaitkan dengan kata ilmiah di belakang kata jurnal dapat terbitan berarti berkala yang berbentuk pamflet yang berisi bahan ilmiah yang sangat diminati orang saat diterbitkan.
Pengertian jurnal jika didasarkan pada asal kata bahasa Inggris yaitu berasal dari kata Journal. Pada pengertian jurnal ini diartikan sebagai suatu catatan akuntansi pertama yang sifatnya tetap (permanen) yang dipakai dalam pencatatan suatu transaksi keuangan pada sebuah perusahaan, atau pun suatu badan usaha yang dicatat secara berurutan. Dalam hal ini tujuannya adalah untuk mendapatkan data seperti nama transaksi, jumlah dari transaksi, dan juga waktu terjadinya transaksi.
Jika didasarkan pada kronologisnya, pengertian jurnal di sini dibuat dengan mencantumkan akun pada debit dan juga mencantumkan akun pada Kredit.
Kemudian ada juga yang dinamakan jurnal khusus. Pengertian jurnal khusus ini yaitu suatu jurnal yang bisa dikelompokkan tapi harus menyesuaikan juga dengan jenis transaksi yang dilakukan. Maksud dari pengertian atau arti dari jurnal khusus tersebut ialah setiap kali ada transaksi maka pengidentifikasian pada jenis transaksi tersebut dan kemudian mencatatnya atau memasukannya ke dalam jurnal khusus tersebut dilakukan oleh petugas pembukuan.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar